Home » » Tips Menghindari Tilang Polisi

Tips Menghindari Tilang Polisi

Zona Info - Enak-enaknya naik motor tiba-tiba di depan ada razia polisi tak resmi,pasti seketika pula agan pasti mengingat-ingat apa surat-surat kendaraan yang agan bawa udah lengkap atau belum. kalo udah lengkap sih nyantai aja nah gimana kalo yang belum lengkap nie tips pertama. cekidot 

 sumber gambar skatersklk.blogspot.com 

ketika pak polisi menanyakan surat-surat kendaraan anda jangan panik ambil nafas terus balik pertanyaan polisi tersebut dengan pertanyaan bapak sendiri melakukan razia ini ada izinnya gak dari atasan bapak, kalo polisi tersebut gk bisa menjawab jangan pernah memberikan stnk atau sim anda sebelum bapak polisi menjawab pertanyaan anda. pertahankan argumen agan untuk melihat surat izin melakukan operasi razia kendaraan bermotor pasti ane jamin pak polisi pasti nyerah dan melepaskan agan.

kenapa bisa begitu karena setiap operasi resmi kendaraan bermotor pasti sudah memiliki surat izin dari atasan untuk melakukan operasi tersebut beda dengan operasi kendaraan bermotor tak resmi yang dilakukan oleh oknum2 polisi yang hanya mencari kesalahan-kesalahan para biker yang tak memiliki surat izin

nie buktinya
Terdapat beberapa pasal dari PP no. 42 tahun 1993 ini yang memang minimal wajib harus ada ketika razia berlangsung.

1. Pasal 13 PP 42/1993
Pemeriksa yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan wajib dilengkapi dengan surat perintah tugas yang dikeluarkan oleh:
a. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas polisi negara Republik Indonesia;
b. Menteri untuk pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa Pegawai Negeri Sipil.

2. Pasal 15 ayat (1) s/d (3) PP 42/1993
menentukan bahwa pada tempat pemeriksaan wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan bermotor. Tanda dimaksud harus ditempatkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter sebelum tempat pemeriksaan. Untuk pemeriksaan yang dilakukan pada jalur jalan yang memiliki lajur lalu lintas dua arah yang berlawanan dan hanya dibatasi oleh marka jalan, tanda harus diletakkan pada jarak sekurang-kurangnya 100 (seratus) meter sebelum dan sesudah tempat pemeriksaan.

3. Pasal 15 ayat [4] PP 42/1993
Khusus untuk pemeriksaan yang dilakukan pada malam hari, selain harus dilengkapi tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan, juga wajib dipasang lampu isyarat bercahaya kuning terang

4. Pasal 16 PP 42/1993
(1) Pemeriksa yang melakukan tugas pemeriksaan wajib menggunakan pakaian seragam, atribut yang jelas, tanda-tanda khusus sebagai petugas pemeriksa, dan perlengkapan pemeriksaan.
(2) Pakaian seragam, atribut, tanda-tanda khusus dan perlengkapan pemeriksaan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan oleh:
a. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, bagi pemeriksa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf a;
b. Menteri, bagi pemeriksa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b

sekian dulu ya gan tips gokil ane, kalo agan punya tips yang lain harap di share ya gan biar nambah wawasan bagi biker mania semua. 

Untuk Info selengkapnya bisa Lihat disini
Langganan Berita Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Thanks for reading Tips Menghindari Tilang Polisi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Seorang Pengunjung yang baik, maka akan meninggalkan Komentarnya di sini.