Home » » Pesawat TNI AU Jatuh di Riau

Pesawat TNI AU Jatuh di Riau

Zona Info - Pesawat TNI AU jatuh di kompleks Perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat itu. Pesawat itu jatuh di dekat rumah warga.

gambar dari kompas

Kapuspen TNI Laksama Muda Iskandar Sitompul membenarkan peristiwa itu. Namun detailnya dia masih mengumpulkan data. "Kami masih cari data dulu, beri waktu 15 menit, " katanya saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (16/10/2012).

Belum diketahui apakah ada korban jiwa akibat kejadian ini. Namun dipastikan petugas dari TNI AU sudah melakukan penanganan.

Saksi: Hawk Terbang Rendah, Menukik dan Terdengar Ledakan

Pekanbaru Warga di sekitar Gang Amal, Perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sempat melihat pesawat TNI AU terbang rendah sebelum jatuh. Pesawat latih tersebut menukik kemudian meledak.

"Terbang rendah. Suaranya memekakkan telinga," kata warga setempat, Nursaya, kepada detikcom, Selasa (16/10/2012).

Nursaya sempat melihat pesawat itu menukik, lalu jatuh. Sesaat kemudian terdengar ledakan dan asap mengepul.

Pesawat yang jatuh di Pandau, Kabupaten Kampar, Riau, adalah pesawat tempur berjenis Hawk 200 berkursi tunggal (single seater). Pesawat itu jatuh saat diterbangkan untuk latihan.

Kadispen TNI AU Marsma Azman Yunus membenarkan tentang kecelakaan pesawat itu. "Betul, pesawat Hawk-200 single seater," kata Azman saat dihubungi detikcom, Selasa (16/10/2012) pukul 10.50 WIB.

Saksi Lihat Pilot Terjun Payung Sebelum Pesawat Jatuh

Jakarta TNI AU memastikan pilot pesawat tempur Hawk 200 selamat setelah menggunakan kursi pelontar. Warga sempat melihat aksi penyelamatan diri itu sesaat sebelum pesawat jatuh.

Wahyudi, warga Pasir Putih, Kampar, Riau, kaget karena ada suara bising di luar. Kemudian ia keluar rumah dan melihat pesawat terbang rendah. Tak berapa lama, ada asap mengepul dari lokasi jatuhnya pesawat.

"Sebelum terdengar ledakan, ada yang terjun payung. Sepertinya sih itu pilotnya," kata Wahyudi kepada detikcom, Selasa (16/10/2012).

Rumah Wahyudi berada sekitar 600 meter dari lokasi kejadian di kompleks perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kampar, Riau. Ia mendengar suara pesawat jatuh dan melihat asap mengepul.

Saksi lainnya, Nursaya menyatakan hal serupa. Ia melihat seseorang yang terjun payung. "Kalau dilihat dari seragam, sepertinya pilot pesawat," katanya.

Pesawat Hawk 200 jatuh sekitar pukul 10.47 WIB di gang Amal, Perumahan Pandau Permai, Kecamatan Pasir Putih, Kampar, Riau. Lokasi kejadian tak jauh dari rumah warga dan yayasan yatim piatu. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini.
(try/nrl)

Langganan Berita Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Thanks for reading Pesawat TNI AU Jatuh di Riau

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Seorang Pengunjung yang baik, maka akan meninggalkan Komentarnya di sini.