Home » » Tips Memilih Tas Punggung Untuk Anak

Tips Memilih Tas Punggung Untuk Anak

Saya sering tidak mengerti mengapa buku-buku pelajaran anak sekolah sekarang dibikin "menarik". Dengan menggunakan kertas HVS, buku pelajaran menjadi lebih berat dibandingkan dengan kertas koran. Padahal, sehari bisa empat sampai lima buku pelajaran harus dibawa. Itu belum termasuk dengan buku tulisnya yang untuk setiap mata pelajaran perlu lebih dari satu. Nah, untuk membawa itu semua butuh tas yang mampu menahannya agar nyaman dibawa.

1. Pertimbangkan ukurannya, sehingga pas dengan tubuh anak. Bila perlu, dijajal dulu.

2. Agar distribusi beban merata sehingga tidak hanya terpusat di bahu, pilihlah tas yang selain memiliki cangklongan di pundak juga yang ada tali di pinggang atau dada. Tali itu berfungsi menstabilkan keseimbangan badan yang juga perlu mendapat perhatian. Pasalnya, tas jenis ini membuat tubuh bagian atas menjadi lebih berat. Hal ini mempengaruhi keseimbangan. Tanpa keseimbangan yang baik, anak lebih mudah jatuh. Berbeda dengan prajurit militer, anak-anak tidak dianjurkan menggunakan tas punggung sambil melakukan kegiatan seperti bermain sepatu roda, skateboard, atau kegiatan lain yang membutuhkan keseimbangan.

3. Pilih cangklongan yang lebar dan berbantalan lunak. Tali yang sempit akan menekan bahu. Bukan tidak mungkin malah dapat mengganggu kelancaran peredaran darah. Cangklongan sebaiknya juga dapat diatur sesuai ukuran tubuh si anak. Kalau terlalu longgar, akan menyebabkan tas punggung bergoyang-goyang atau berpindah posisi. Selain tidak nyaman, itu bisa memunculkan sakit otot leher dan punggung. Sebaliknya, tali bahu yang terlalu kencang bisa bikin sesak napas. Jarak antara tali sebaiknya tidak terlalu sempit hingga seakan menjepit leher. Namun, terlalu lebar pun akan membebani tulang sendi lengan.

4. Pilih juga tas yang berbahan ringan. Pada bagian tas yang menempel di punggung sebaiknya dilengkapi bantalan. Gunanya untuk mencegah benda-benda keras dan tajam menghantam atau menusuk punggung. Masih soal bahan tas, pilihlah yang mudah dibersihkan. Meskipun ringan, tas punggung harus cukup kuat. Untuk itu perhatikan kekuatan tali, bahan, maupun jahitannya.

5. Tas punggung harus memiliki beberapa kantung (kompartemen) terpisah. Kompartemen yang terpisah-pisah membuat barang mudah diatur secara menyebar. Ada tas yang kompartemennya cukup lengkap. Mulai dari bagian untuk buku, jaring bertali untuk botol minuman, kantung-kantung kecil untuk dompet uang receh, gantungan kunci, bahkan untuk pemutar CD dan disket
Langganan Berita Blog Ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Thanks for reading Tips Memilih Tas Punggung Untuk Anak

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Seorang Pengunjung yang baik, maka akan meninggalkan Komentarnya di sini.